Jum'at, 20 September 2024

PEMILU Bagi Rakyat Indonesia

PEMILU Bagi Rakyat Indonesia


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
PEMILU Bagi Rakyat Indonesia

Pemilihan Umum atau PEMILU Bagi seluruh masyarakat Indonesia ini adalah momentum Rakyatnya menentukan pilihan pemimpin. Bangsa Indonesia pertama kali melaksanakan pemilu 29 September 1955 pada era Kabinet Burhanudin Harahap. Pada 29 September 1955 pemilu hanya melaksanakan Pemungutan Suara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) dan dilanjutkan di 15 Desember 1955 untuk Anggota Konstituante.

Indonesia sendiri Negara kesatuan yang menganut Sistem Demokrasi, apa itu Demokrasi?? secara umum Demokrasi adalah sebagai  bentuk pemerintahan, di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka.

Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Berdasarkan dari Kosakatanya Demokrasi berasal dari kata “Demos” yang artinya Rakyat dan “Cratos” yang artinya Kekuasaan, dalam harfiahnya berati Demokrasi adalah Kekuasaan ditangan rakyat.

Para pendiri bangsa sepakat memilih Negara Kesatuan sebagai bentuk Negara Indonesia sehingga dalam Negara dengan bentuk Republik yang menjadi pucuk pimpinan tertinggi kekuasaan adalah Presiden, dalam bahasa latin Presiden memiliki arti Presiden “prae” yang berarti sebelum dan “sedere” yang berarti  menduduki. Secara umum Presiden ialah kepala pemerintahan dan pemimpin fundamental negara atau kepala negara seremonial.

BANNER-728x90

Indonesia sendiri telah melewati beberapa era kekuasaan, berikut adalah ulasan singkatnya :

  • Era Pra-Kolonial (munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha dan Islam di daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan yang mengandalkan perdagangan).
  • Era Kolonial, masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda, Portugis, dan Spanyol) yang menginginkan rempah-rempah mengakibatkan penjajahan oleh Belanda selama sekitar 3,5 abad antara awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20.
  • Era Kemerdekaan Awal, pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnya Soekarno (1966)
  • Era Orde Baru, 32 tahun masa pemerintahan Soeharto (1966–1998)
  • Era Reformasi yang ditandai dengan runtuhnya kekuasaan pemerintahan Presiden Soeharto (1998 sampai sekarang)

Urutan Presiden Indonesia dari awal hingga saat ini;

  1. Presiden Soekarno (1945-1967)
  2. Presiden Soeharto (1967-1998)
  3. Presiden BJ Habibie (1998-1999)
  4. Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001)
  5. Presiden Megawati Soekarno Putri. (2001-2004)
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)
  7. Presiden Joko Widodo (2014-Sekarang),

Kini tidak terasa Bangsa Indonesia akan melangsungkan hajat besarnya setiap 5 tahun sekali, dalam tahun 2024 ini Indonesia akan melangsungkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Namun dalam perjalanan ini yang paling mendapat sorotan publik adalah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang mana pemilihan inilah yang puncaknya akan memegang kekuasan & kendali penuh akan kelangsungan Bangsa Indonesia kedepannya.

Dalam pemilu 2024 ini akan ada 3 Calon Presiden dan Wakil Presiden yakni; Pasangan Calon Nomor Urut 1 (Bpk. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar), Pasangan Calon Nomor Urut 2 (Bpk. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka), serta Pasangan Calon Nomor Urut 3 (Bpk. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD).

Meskipun dalam perjalanannya masih banyak kelebihan dan kekurangannya namun tetap saja ketiganya akan bersaing memperebutkan memenangkan hati rakyat demi pangkuan kekuasaan dan arah ibu pertiwi ini. Merujuk pada situs https://www.kpu.go.id pada tahun 2024 ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.


#TemanPemilih, Ayo Datang ke Tempat Pemungutan Suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Gunakan Hak Pilih Anda.

Untuk pemilih yang terdaftar sebagai DPT dan DPTb dapat menggunakan hak pilih mulai pukul 07.00 s.d 13.00. Sementara pemilih yang terdaftar sebagai DPK dapat mulai menggunakan hak pilih sesuai alamat KTP-elektronik mulai pukul 12.00 sd 13.00.

Jangan lupa bawa KTP elektronikmu ya..

JANGAN BIARKAN HAK PILIHMU DIAMBIL ALIH OLEH ORANG-ORANG YANG INGIN MENGANGKANGI DEMOKRASI INDONESIA, Datang ke TPS masing-masing dan GUNAKAN HAK PILIHMU !!

-PILIHANMU MENENTUKAN ARAH BANGSA INDONESIA-

-PEMILU DAMAI 2024-

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

Tulis Komentar