Kamis, 19 September 2024

Touring?? Gak Jaman Ugal-Ugalan!!

Touring?? Gak Jaman Ugal-Ugalan!!


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
Touring?? Gak Jaman Ugal-Ugalan!!

Berwisata adalah hal yang paling menyenangkan, apalagi melakukannya bersama keluarga atau teman-teman. Bagi pecinta motor yang tergabung dalam suatu kelompok atau Club Motor atau Komunitas Motor, berwisata ini biasa menyebutkannya dengan touring, baik touring jarak dekat ataupun touring jarak jauh (antar kota/antar pulau). Biasanya melakukan touring ini lebih dari satu motor, bahkan bisa puluhan motor.


Maka dari itu, ada banyak hal yang perlu dapat perhatian dalam touring itu sendiri, dari mulai persiapan perlengkapan berkendara sampai tertib lalu lintas ketika dalam perjalanan. Hal itu agar dalam perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kecelakaan lalu lintas atau lain sebagainya, karena ketika dalam perjalanan touring itu sendiri melibatkan banyak kendaraan bermotor karenanya kita harus patuh dalam berkendara. Dalam touring sangat tidak ada anjuran pengendara untuk ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraan bermotornya, apalagi sampai mengganggu perjalanan pengendara lain.


Naahh dalam berkendara kita tentu pasti sering mendengar istilah “Safety Riding”, apa itu safety riding??
Safety Riding adalah Suatu etika atau perilaku berkendara yang membuat aman dan nyaman. Aman bagi siapa??tentunya bagi diri sendiri dan Nayaman bagi siapa??nyaman bagi pengendara lain. Sikap saling menghargai dan sopan santun dalam berkendara harus tetap ada selama kita melakukan perjalanan touring.
Ada banyak hal yang herus perhatikan dalam penerapan Safety Riding, antara lain adalah :

BANNER-728x90

Tubuh dalam kondisi sehat dan fit.
Pastikan tubuh sehat sebelum perjalanan, untuk menghindari hal tak diinginkan dan fokus saat mengemudi

Memastikan Kendaraan Tidak Ada Kendala
Pastikan kendaraan siap dan dalam kondisi baik, cek mesin, pengereman, ban, oli, sebelum perjalanan

Jaga Kecepatan dan Menjaga Jarak
Selalu berkendara dengan kecepatan wajar, hindari ugal-ugalan, adu cepat, dan selalu menjaga jarak aman

Patuhi Rambu Lalu Lintas
Pastikan kelengkapan surat motor, punya SIM, patuhi rambu lalu lintas, termasuk larangan menerobos lampu merah, parkir di badan jalan, dan menggunakan handphone saat berkendara

Hindari “Blind Spot”
Apa itu Blind Spot??
Blind Spot adalah area tak terlihat saat berkendara, bisa di belakang truk penuh, bus, atau tikungan tajam

Perlengkapan Berkendara
Ini adalah hal yang sangat harus dapat perhatian, karena ini setidaknya akan menjaga pengendara dari hal-hal yang tidak di inginkan. Perlengkapan berkendara: Helm, Jaket, Dekker (pelindung lutut/siku), Sepatu, Sarung tangan, hindari membawa terlalu banyak barang

Banyak kecelakan terjadi karena pengemudi tidak fokus saat berkendara. Fokus menjadi kunci utama bagi pengemudi untuk tetap aman selama di perjalanan. Selama berkendara, jangan pernah melakukan kegiatan yang mengganggu konsentrasi, termasuk menggunakan ponsel atau barang elektronik lainnya.
Control Your Self, Control Your Ride and Always Together.

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

Tulis Komentar